JogjaTrip.com Going Online

Setelah penantian sekian lama akhirnya bayi yang digadang-gadang lahir juga. Berawal dari pemikiran untuk menyajikan pesona Provinsi Yogyakarta baik dari segi wisata maupun budaya dalam satu paket, maka kami (saya dan beberapa kawan) berencana ingin membuat sebuah media yang mampu mewadahi gagasan tersebut. Lalu ide tersebut digulirkan dalam forum dan rupanya si bos menyetujui. Berhubung sejak awal kami concern di media online maka media yang akan kami buat pun berupa media online bukan media cetak.

Saya pribadi baru kali ini turut serta secara aktif dalam proses ‘kelahiran jabang bayi’. Kalau untuk majalah, buletin, dan buku, saya memang pernah beberapa kali terlibat dalam proses penggarapannya.  Dulu, saat masih baru-barunya menjadi anggota EKSPRESI saya pernah belajar tentang bagaimana proses pembuatan sebuah media massa. Tapi saat menghadapinya langsung ternyata cukup menguras energi dan tidak semudah yang ada dalam teori.

Sejak akhir tahun 2009 kami sudah mulai merancang konsep. Dalam waktu yang bersamaan teman-teman dari tin desainer pun mulai membikin tampilan visual. Satu desain jadi, presentasi, ditolak. Desain kedua jadi, presentasi, dapat masukan sana-sini, diputuskan ditolak. Desain ketiga jadi, presentasi, kata mas Ong Hariwahyu (konsultan desainer) masih ndeso dan kurang mencerminkan Jogja, ditolak. Desain keempat, kelima, keenam, presentasi bareng-bareng, dikritik sana-sini, dapat masukan sana-sini, mas Ong mengangguk, diterima, tentu saja dengan banyak revisi. Tim desainer tersenyum, tugas mereka selesai.

Jika diumpamakan dengan membuat sebuah gedung, maka tim desainer adalah arsiteknya, dan programer adalah tim yang membangun rancangan mereka. Setelah diskusi alot dengan dengan teman-teman desainer tentang “ini terlalu banyak gambar, pasti berat,” atau “mbok ra sah aneh-aneh ngono“, dll, dll, akhirnya tim programer pun berhasil menerjemahkan desain visual tersebut ke dalam bahasa pemrograman yang saya sama sekali ndak dong.

Setelah program selesai, akhirnya giliran kami, sang pencetus ide sekaligus content developer yang harus menyelesaikan semuanya. Mengisi menu-menu yang ada, melengkapi gambar, melengkapi data-data, puff… rupanya sangat melelahkan. Akhirnya semua keletihan ini terbayar sudah. si bayi terlahir dengan baik.

Media ini memang masih teramat jauh dari sempurna. Masih perlu banyak tambalan di sana-sini, dan itu semua perlu waktu.  Akhir kata saya (dan teman-teman satu tim) berharap bahwa media ini dapat memberikan sesuatu yang baru serta berguna bagi pembaca semua. Media kami ini semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengetahui seluk-beluk pariwisata dan budaya yang ada di Yogyakarta.

JogjaTrip.com Explore the Heart of Javanese Culture

About Sash

mahasiswa tingkat akhir | reporter | juru ketik | juru potret amatir | pemimpi | penyuka milo hangat, bintang, senja, kunang-kunang View all posts by Sash

6 responses to “JogjaTrip.com Going Online

  • ecka

    aha, apakah jogjatrip membutuhkan kontributor freelance?kalau iya saya mau melamar neh hehe syaratnya apa aja? kangen banget liputan je, la ilmiah terus paling gur neng pewara iso liputan

    dah online kah?

    Tq

    Sash::
    Udah online mbak, tapi belum di launching resmi,, coz juga masih banyak data yang kosong, masih proses uploading. Untuk kontributor freelance aku belum begitu tau. Tapi kemungkinan besar sih perlu. Ntar coba tak tanyain ke pak bos. Paling buat liputan acara2 budaya aja, coz nek aku ma temenku tok gak bisa ngehandle semuanya…

  • Mas Ben

    Ditunggu terejawantahnya ide kreatif Mbak Sash🙂 Itu bentuknya majalah atau web ya Mbak ? Jadi penasaran sayanya hehhee

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    Sash::
    Kita mainnya di ranah online mas, jadinya berbentuk web. Ini sudah mulai online kok, tapi memang belum kita publikasikan secara luas, masih diperbaikai sana-sini. Rencana launcing sih bulan Juni besok.

  • ika

    wah freelance gelem aku mbak ahahhaa

    Sash::
    Hahahaha,, banyak yang tertarik rupanya,, ah aku tau kamu pasti pengen liputan biar bisa ketemu mas-mas fotografer cakep itu toh?😉

  • ecka

    okeh2 tulung tanyakan yah, aku mau kok liputan apa ajah hehe

    Sash::
    Beneran nih mbak mau liputan apa ajah???:mrgreen: hehehehe..

  • Gugun 7

    aku sudah mampir….

    Sash::
    Minta feedbacknya dunk mas hehehe,, buat perbaikan..

  • julianusginting

    sekedar membaca..🙂

    Sash::
    Terimakasih sudah berkunjung,, semoga betah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: